MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA KEDIRI

Jl. Sunan Ampel No. 1 Kediri, Telp./Fax. 0354-683819

e-mail : pakotakediri@gmail.com

MENU UTAMA

Login

Tingkat Kasasi :

  1. Permohonan kasasi didaftarkan kepada Petugas Meja I Pengadilan Agama. Diajukan dalam waktu 14 hari setelah pemberitahuan amar putusan banding disampaikan. Penghitungan 14 hari dimulai pada hari berikutnya (besoknya) setelah putusan diucapkan atau setelah putusan diberitahukan. Apabila hari ke 14 jatuh pada hari libut, maka diperpanjang sampai hari kerja berikutnya;
  2. Petugas Meja I menaksir besarnya panjar biaya kasasi yang dituangkan dalam SKUM dengan acuan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Kediri tentang panjar biaya perkara tingkat pertama, banding, kasasi, peninjauan kembali, sita jaminan, eksekusi, pemeriksaan setempat dan biaya PNBP yang telah ditempel pada papan pengumuman di ruang tunggu;
  3. Petugas Meja I menyerahkan berkas permohonan kasasi yang dilengkapi dengan SKUM kepada pihak yang bersangkutan untuk membayar uang panjar yang tercantum dalam SKUM tersebut ke Bank BRI Unit STAIN Kediri;
  4. Setelah menerima bukti pembayaran, Pemegang Kas lalu menandatangani dan membubuhkan cap lunas pada SKUM. Permohonan kasasi dapat diterima apabila panjar biaya perkara kasasi yang tercantum dalam SKUM telah dibayar lunas;
  5. Panitera pada hari yang sama dengan pelunasan panjar biaya perkara kasasi membuat akta pernyataan kasasi dan Petugas Meja II mencatat permohonan kasasi tersebut dalam Buku Register Induk Perkara Gugatan dan Buku Register Permohonan Kasasi;
  6. Dalam waktu 7 hari kerja permohonan kasasi harus sudah diberitahukan kepada pihak lawan;
  7. Memori kasasi selambat-lambatnya 14 hari sesudah permohonan kasasi terdaftar harus sudah diterima pada Kepaniteraan Pengadilan Agama Kediri dengan menyertakan dokumen elektronik berupa compact disc atau flash disc. Apabila dalam waktu tersebut memori kasasi belum diterima, pemohon kasasi dianggap tidak menyerahkan memori kasasi. Penghitungan 14 hari tersebut sama dengan pada huruf (a) di atas;
  8. Panitera memberikan tanda terima atas penerimaan memori kasasi dan dalam waktu selambat-lambatnya 7 hari salinan memori kasasi harus diberitahukan kepada pihak lawan;
  9. Setelah memori kasasi diberitahukan kepada pihak lawan, kontra memori kasasi selambat-lambatnya 14 hari harus sudah disampaikan kepada kepaniteraan Pengadilan Agama Kediri dengan menyertakan dokumen elektronik berupa compact disc atau flash disc untuk diberitahukan kepada pihak lawan;
  10. Dalam waktu 60 hari sejak permohonan kasasi diajukan, berkas permohonan kasasi berupa bundel A dan bundel B harus dikirim ke Mahkamah Agung;
  11. Apabila syarat formal permohonan kasasi tidak dipenuhi oleh Pemohon Kasasi, maka berkas perkaranya tidak dikirimkan ke Mahkamah Agung. Panitera Pengadilan Agama membuat surat keterangan bahwa permohonan kasasi tersebut tidak memenuhi syarat formal. Berdasarkan surat keterangan Panitera tersebut dan setelah meneliti kebenarannya, Ketua Pengadilan Agama membuat penetapan yang menyatakan bahwa permohonan kasasi tersebut tidak dapat diterima. Dengan keluarnya penetapan Ketua tersebut, maka putusan yang dimohonkan kasasi menjadi berkekuatan hukum tetap dan terhadap penetapan tersebut tidak dapat dilakukan upaya hukum;

PENGUNJUNG

145362
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
All days
109
597
4655
134605
19772
30432
145362

Your IP: 54.198.147.221
2017-07-23 04:56

Who's Online

We have 17 guests and no members online

S I P P

MA-RI

PTA SURABAYA

PUTUSAN

KOTA KEDIRI

INFO PERKARA