MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA KEDIRI

Jl. Sunan Ampel No. 1 Kediri, Telp./Fax. 0354-683819

e-mail : pakotakediri@gmail.com

MENU UTAMA

Login

Tingkat Pertama :

  1. Untuk pendaftaran perkara pencari keadilan harus datang sendiri atau kuasa hukumnya ke Pengadilan Agama dengan menyerahkan gugatan atau permohonan yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan Agama Kediri sebanyak jumlah pihak ditambah 4 (empat) rangkap termasuk asli untuk Majelis dengan dilampiri surat kuasa khusus (bila pencari keadilan menguasakan kepada pihak lain) dan fotocopi kartu anggota advokat (bagi yang menggunakan jasa advokat);
  2. Setelah menerima dan memeriksa kelengkapan berkas, Petugas meja I lalu menaksir panjar biaya perkara dengan acuan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Kediri tentang panjar biaya perkara tingkat pertama, banding, kasasi, peninjauan kembali, sita jaminan, eksekusi, pemeriksaan setempat dan biaya PNBP yang telah ditempel pada papan pengumuman di ruang tunggu;
  3. Setelah menaksir biaya perkara, Petugas Meja I membuat SKUM (Surat Kuasa Untuk Membayar) dalam rangkap 4 (empat) untuk diteruskan kepada Pemegang Kas. Pemegang Kas lalu menyampaikan SKUM lembar pertama kepada pencari keadilan untuk dibayarkan ke Bank BRI Unit STAIN Kediri;
  4. Setelah menerima bukti setor dari Bank, Petugas Meja I, membukukannya dalam buku jurnal keuangan perkara lalu membubuhkan cap tanda lunas dan memberi nomor perkara pada SKUM.
  5. Pemegang Kas menyerahkan berkas perkara kepada pencari keadilan agar didaftarkan kepada Petugas Meja II. Dan Petugas Meja II lalu menyerahkan satu rangkap surat gugatan / permohonan yang telah terdaftar berikut SKUM lembar kedua kepada Pencari Keadilan. Dan Petuga Meja II mencatat perkara tersebut dalam Buku Register Induk Gugatan/Permohonan sesuai dengan nomor perkara yang tercantum pada SKUM. Selanjutnya Pencari Keadilan dipersilahkan untuk pulang untuk menunggu panggilan sidang yang akan disampaikan oleh Jurusita / Jurusita Pengganti ke alamat yang ditunjuk dalam surat gugatan / permohonnya.
  6. Khusus untuk permohonan berperkara secara prodeo dengan prosedur sebagai berikut :
    1. Berperkara secara prodeo diajukan melalui Petugas Meja I bersama dengan gugatan/permohonan dengan melampirkan surat keterangan tidak mampu dari Kepala Kelurahan atau surat keterangan tunjangan sosial lainnya seperti KKM, JAMKESMAS, Kartu PKH dan Kartu BLT;
    2. Petugas Meja I setelah meneliti kelengkapan berkas permohonan secara prodeo, kemudian membuat SKUM nihil;
    3. Pemegang Kas membukukan panjar biaya perkara dalam Buku Jurnal keuangan perkara dengan nilai Rp. 0,00 (nihil);
    4. Apabila permohonan berperkara secara prodeo dikabulkan, maka biaya perkara dibebankan kepada DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) sesuai dengan mekanisme pembayaran yang telah ditetapkan;
    5. Apabila permohonan berperkara secara prodeo tidak dikabulkan, maka Penggugat/Pemohon diperintahkan membayar biaya perkara dalam jangka waktu 14 hari setelah dijatuhkannya Putusan Sela. Jika tidak dipenuhi, maka gugatan/ permohonan tersebut dicoret dari daftar perkara;

 

PENGUNJUNG

175383
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
All days
105
689
1431
169501
11141
14319
175383

Your IP: 54.225.57.120
2017-09-20 03:43

Who's Online

We have 30 guests and no members online

S I P P

MA-RI

PTA SURABAYA

PUTUSAN

KOTA KEDIRI

INFO PERKARA